Anggota DPD RI Kupas Empat Pilar Bangsa

Posted: November 22, 2011 in komentar di media

BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah H Harun Nurasid menghadiri Sosialisasi empat pilar – Pancasila, UUD 1945, NKRI  dan Bhinneka Tunggal Ika – kehidupan berbangsa dan bernegara yang disampaikan oleh Anggota DPD RI H Adhariani dan staf Ahli DPD RI M Rifqinizamy Karsayuda di Auditorium Pemda HST belum lama tadi.

Harun Nurasid mengaku prihatin akan nilai luhur yang terkandung dalam empat pilar terasa luntur di tengah-tengah kehidupan masyarakat. “Saat ini perlu masyarakat perlu diberikan pemahaman, pengetahuan akan wawasan kebangsaan yang terprogram dan terencana dengan baik,” sarannya.

Ikutnya Tim Penggerak PKK HST sebagai peserta tentu memberikan dampak positif. Diterangkannya, peran para ibu sebagai pendidik utama bisa menyampaikan pesan untuk putra-putrinya. Pemahaman sejak dini empat pilar kebangsaan lebih efektif disampaikan dengan bahasa sederhana dan mudah dimengerti.

Begitupun peran dari para Guru yang tergabung dalam PGRI Hulu Sungai Tengah untuk menyampaikan kembali hasil sosialisasi kepada anak didik di masing-masing sekolah, pembelajaran empat pilar sangat penting untuk membentuk pribadi anak bangsa yang berakhlak mulia dan mencintai tanah air tanpa pamrih.

Anggota DPD RI H Adhariani menuturkan, sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengalaman dari nilai-nilai luhur yang terkandung dalam empat pilar untuk tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia di tengah beragam persoalan yang dikhawatirkan mengarah pada perpecahan dan konflik yang mengancam keutuhan bangsa.
Sosialisasi empat pilar merupakan tanggung jawab bersama semua komponen bangsa termasuk DPD RI dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat daerah.  Juga untuk menyerap saran dan masukan konstruktif terkait yang berbagai masalah yang berkembang di daerah Kalimantan Selatan.

“Selama setahun kepemimpinan Harun, kami menyimak banyak kemajuan yang telah diraih HST di banyak bidang,” katanya.

Dalam pembahasannya, M Rifqinizamy Karsayuda mengharapkan, sosialisasi empat pilar memiliki tujuan untuk memberikan pembelajaran bersama masyarakat terkait konstitusi, ketetapan MPR, Keputusan MPR serta Dinamika Ketatanegaraan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.

Turut Berhadir dalam kegiatan Sosialisasi ini, para Asisten, Staf Ahli dan Pimpinan SKPD, Ketua Tim Penggerak PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid beserta jajaran Pengurus dan Kader, Ketua PGRI HST H Agung Pranowo beserta Jajaran Pengurus serta undangan lainnya.(amt/ay/abj)

Dimuat di Harian Radar Banjarmasin, 13 Nopember 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s